Program Aplikasi Data Mahasiwa dan Tambah Jurusan Menggunakan Java dan Mysql



Java adalah bahasa pemrograman yang seru menurut saya, ini adalah program buatan saya dengan menggunakan IDE Netbeans. Program ini untuk manajemen data mahasiswa dan jurusan menggunakan database mysql.




Pada halaman utama di jelaskan settingan koneksi ke mysqlnya menggunakan default. Nama databasenya adalah rahmat yang harus di buat dulu, untuk tablenya akan di buat oleh aplikasi saya secara otomatis dan beberapa record juga langsung ada.



Pada tab Tambah mahasiswa, NPM auto generate tergantung jurusan, tahun masuk dan urutan pendaftarannya. 



Pada tab cari, jika ingin mencari semua maka di kosongkan saja, bisa juga untuk mencari, bisa juga untuk mencari dari beberapa kriteria, misalkan ingin mencari mahasiswa jurusan Teknik Informasika yang beralamat di Banten, maka tinggal pilih jurusannnya adalah teknik informatika dan alamatnya di isi banten.



pada tab edit hapus mahasiswa, pertama isi npmnya terlebih dahulu, jika npm ada maka field yang ada di bawah akan terisi secara otomatis. misalkan ingin mengganti nama, maka tinggal ganti saja namanya lalu klik simpan. jika ingin menghapus mahasiswa, tinggal klik hapus.



pada tab tambah jurusan, isikan nama jurusan, karakter acuan adalah 1 digit angka yang berada pada angka pertama di npm.

Untuk menginport projectnya, tinggal buka netbeans, lalu klik file pilih import, pilih file Rahmat.zip
Jangan lupa, program ini membutuhkan mysql, jika belum punya bisa menggunakan ini XAMPP

Download file project : Download

0 komentar: